Tomohon, kpu-tomohon.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menerima berkas dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020, Sabtu (22/02/2020). Bakal Pasangan Calon perseorangan yang memasukkan syarat dukungan yaitu Robert P. A Pelealu, SH dan Franciscus Hermanus Angelo Soekirno.

Kegiatan penyerahan syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan ini dibuka oleh Ketua KPU, Harryanto Lasut dilanjutkan dengan pengarahan teknis dari Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Robby Golioth, dan selanjutnya Penyerahan berkas dokumen syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

Bertempat di Kantor KPU Kota Tomohon, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) memasukkan dukungan sebanyak 7.962 dukungan berupa formulir B.1-Kwk Perseorangan, yang ditandatangani oleh pendukung disertai KTP Elektronik/Surat Keterangan, B.1.1-Kwk Perseorangan dan B.2 Kwk-Perseorangan. Syarat Dukungan Bapaslon ini diterima oleh Ketua KPU Tomohon, Harryanto Lasut dan didampingi oleh Komisioner lainnya, Robby Golioth, Stenly Kowaas, Jacobus Wowor dan Albertien Pijoh.

Setelah berkas dukungan diterima, KPU Tomohon langsung melakukan verifikasi atas berkas dokumen dukungan yang dimasukkan apakah syarat dukungan tersebut telah memenuhi syarat jumlah minimal yang ditetapkan yaitu 7.097 dukungan dan tersebar di tiga kecamatan.

Setelah melakukan pemeriksaan dalam waktu yang cukup panjang sejak dimulainya kegiatan dari Pukul 10.00 WITA, hingga sekitar 20.15 WITA, Ketua KPU Harryanto Lasut didampingi oleh komisioner lainnya, Robby Golioth, Stenly Kowaas, Jacobus Wowor dan Albertien Pijoh, serta disaksikan oleh Bawaslu Kota Tomohon, Ketua Bawaslu, Deisy Soputan dan Anggota Bawaslu, Irfan Dokal, syarat dukungan Bapaslon dinyatakan telah memenuhi syarat untuk diproses ke tahapan selanjutnya.

Jumlah dukungan yang diserahkan berjumlah 7.962 dukungan dan setelah melalui proses pemeriksaan yang cukup panjang, jumlah dukungan yang memenuhi syarat berjumlah 7.933 dukungan dengan sebaran di lima kecamatan, dan 29 dukungan tidak lengkap, sehingga dinyatakan diterima. Jumlah dukungan tersebut selanjutnya akan diverifikasi administrasi dan faktual oleh KPU Tomohon sesuai tahapan. (Red)